TENTANG ATSANTI

Logo Atsanti FoundationATMA NUSVANTARA JATI atau yang lebih dikenal dengan ATSANTI merupakan sebuah yayasan dan platform kebudayaan yang mengkombinasikan nilai-nilai nusantara yang digali dan diwariskan oleh para pendiri bangsa Indonesia, khususnya Bung Karno dan Pancasila sebagai kompas pemeliharaan dan pengembangan karakter bangsa yang unggul.

ATSANTI meyakini bahwa sejarah panjang bangsa Indonesia dengan segala dinamikanya di bidang kebudayaan dan kemanusiaan tidak terlepas dari semangat Trisakti yang dicetuskan oleh Putra Sang Fajar, khususnya terkait dengan semangat “berkepribadian di dalam kebudayaan”. ATSANTI percaya penghargaan terhadap kebudayaan dan kemanusiaan harus berjalan beriringan, maka hal itu merupakan titik anjak ATSANTI dalam membaktikan seluruh pikiran, jiwa, dan semangatnya melalui berbagai kegiatan sosial-kemanusiaan dan kebudayaan demi pemajuan kebudayaan dan penghargaan terhadap harkat dan martabat manusia seutuhnya.

Visi ATSANTI dalam bergerak  mewarnai dinamika kemajuan bangsa adalah dengan “Menjadi Jembatan Transformasi nilai-nilai budaya nusantara yang berasal dari puncak-puncak peradaban nusantara di masa lalu dengan generasi saat ini dan masa depan” yang dengan demikian maka ATSANTI juga akan “Menjadi wadah bagi para pecinta budaya nusantara”

Demi menunjang dan mendorong pewujudan visi tersebut, maka ATSANTI memiliki misi sebagai berikut:

  1. Memelihara, menguatkan, mengembangkan dan mempublikasikan ragam budaya nusantara dan nilai-nilai peradaban warisan leluhur di dalamnya kepada generasi di jaman sekarang, khususnya generasi muda;
  2. Menciptakan berbagai upaya yang kreatif, dan inovatif di bidang kebudayaan untuk memberikan inspirasi bagi generasi muda dalam membangun peradaban Indonesia di masa depan, tanpa kehilangan jati diri;
  3. Membangun pusat-pusat kegiatan budaya sebagai promosi budaya nusantara ke dalam negeri maupun ke manca negara.

Dalam keterkaitan dengan aktivitas, ATSANTI memilih untuk berfokus pada 5 bidang besar yaitu Spritualitas, Pendidikan, Kebudayaan, Sosial-Ekonomi Kerakyatan dan Pariwisata. Spiritualitas akan diejawantahkan dalam pengembangan nilai-nilai yang digali dari warisan tradisi budaya dan peradaban nusantara yang tercermin dalam Pancasila. Pendidikan yang akan mendorong pengembangan jati diri bangsa, budi luhur, budi pekerti, yang bermuara pada nilai dan peradaban nusantara sehingga menjadi sarana untuk membangun watak manusia Indonesia yang maju. Kebudayaan yang akan mewujudkan pengembangan kebudayaan nusantara yang memerdekakan dan mencerdaskan, yang berakar pada nilai dan peradaban masa lalu, menuju peradaban Indonesia baru di masa depan. Sosial dan Ekonomi Rakyat yang mengkombinasikan pengembangan kesadaran sosial di masyarakat sebagai panduan dalam kehidupan kemasyarakatan yang di topang oleh ekonomi rakyat yang kreatif sebagai jalan kesejahteraan untuk menyongsong masa depan. Pariwisata yang ramah lingkungan dengan spirit pelestarian Eksosistem Budaya yang mampu bersaing dalam kegiatan promosi kebudayaan berkelanjutan di level nasional dan internasional.

 

 

 

 

 

Comments are closed.